fbpx
Berita

Yamaha R15 Baru Sudah Pakai ABS, Harganya Lebih Murah

Berita ini terbit pertama kali pada tautan ini.

VIVA – Meski satu merek, motor baru yang dirilis disetiap negara pasti memiliki spesifikasi berbeda-beda begitu pun dengan harga jualnya. Alasan umumnya, karena peraturan pemerintah dan menyesuaikan selera konsumen di negara tersebut.

Seperti Yamaha untuk pasar Indonesia, di mana sistem pengereman R15 baru dijual tanpa ABS (anti-lock braking system). Sedangkan di India, pabrikan motor berlambang Garpu Tala tersebut baru saja merilis R15 versi ABS dua channel.

Dilansir dari Paultan.org, Minggu 13 Januari 2019, beberapa negara di Asia termasuk Malaysia masih menjual R15 tanpa dukungan ABS. Artinya Negeri Bollywood yang pertama menjualnya dengan sistem pengereman anti terkunci.

Hal tersebut dilakukan Yamaha, mengingat peraturan pemerintah di India semakin ketat soal keamanan berkendara. Harga R15 ABS di India naik 12 ribu Ruppe atau Rp2 jutaan, jadi 139 ribu Ruppe atau sekitar Rp27 juta, artinya masih lebih mahal di Indonesia.

Meski belum disematkan pengereman yang dapat mencegah roda tergelincir, harga R15 di Tanah Air itu mulai dari Rp 35,3 juta sampai Rp35,9 juta. Yang membedakan, di India masih menggunakan suspensi depan teleskopik, sedangkan di RI sudah upside-down.

Bobot motor sport pesaing CBR150 itu lebih berat, berkat penambahan teknologi tersebut pada sistem pengeremannya, dari 139 kilogram jadi 142 kilogram. Keseluruhan spesifikasinya sama, yang beda hanya warna dan grafik di bodinya.

Seperti diketahui, adik kandung R25 itu dibekali mesin satu silinder berkapasitas 150cc dengan sistem pengabutan injeksi. Tenaga maksimalnya 19 daya kuda dan torsi 14,7 newton meter yang disalurkan melalui transmisi manual.

Artikel Lainnya: