fbpx
Berita

Wina Jadi Kota Terbaik di Dunia Selama 10 Tahun Berturut-turut

Berita ini terbit pertama kali pada tautan ini.

Liputan6.com, Wina – Kota Wina (Vienna) menjadi kota terbaik di dunia sebagai tempat paling layak huni. Ini adalah genap satu dekade kota Vienna meraih predikat ini.

Dilansir dari World Economic Forum, penilaian dilakukan oleh firma konsultasi sumber daya manusia Mercer dalam laporan Quality of Living Report.

Sejumlah faktor yang dinilai adalah: perumahan, lingkungan ekonomi, ketersediaan barang konsumsi, layanan publik dan transportasi, lingkungan alam, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan politik dan sosial.

Wina berhasil di posisi puncak berkat memiliki banyak area hijau, sarana transportasi publik yang murah dan efisien, serta tingkat kejahatan rendah. Setelah Wina, ada Zurich di Swiss sebagai runner-up. Faktanya, ada tiga negara Swiss yang masuk 10 besar: Zurich, Jenewa, dan Basel.

Hampir seluruh kota di 10 besar berasal dari Eropa, terkecuali Vancouver di Kanada dan Auckland di Selandia baru. Kota di Amerika Serikat (AS) juga tak ada yang menembus 10 besar, bahkan 30 besar.

Kota asal Asia yang berada di peringkat tertinggi adalah Singapura di nomor 25. Kota AS yang paling layak huni di daftar ini adalah San Fransisco di nomor 34.

Citra kota Wina sudah terkenal sejak zaman dahulu, beragam museum dan monumen bergaya baroque masih menjadi daya tarik besar negara ini. Kaum intelektual dan seni yang pernah hidup di kota ini di antaranya Sigmund Freud, Ludwig van Beethoven, Joseph Haydn, sampai Leon Trostsky.

Artikel Lainnya:

    None Found