fbpx
Berita

Tsunami Sapu Banten, Proyek Tol Serang-Panimbang Terdampak?

Berita ini terbit pertama kali pada tautan ini.

Jakarta – Gelombang tsunami telah menerjang wilayah Banten dan Lampung pada Sabtu malam. Terkait tsunami tersebut bagaimana kabar proyek tol Serang-Panimbang yang berada di sana?

Kepala Badan Pengurus Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna berkata kalau proyek tol Serang-Panimbangan tidak terganggu. Sebab, posisi proyek jauh dari kawasan pantai.

“Enggak kan agak jauh ya, mestinya nggak terdampak, dampak sih nggak dia ada di sisi kanan ya jauh dari pantai,” jelasnya kepada detikFinance, Senin (24/12/2018).

Dia mengatakan kalau proyek berada jauh di sisi kanan dari pantai yang tersapu tsunami. Sedangkan, untuk gerbang keluar tol yang berada di Panimbang pun konstruksinya belum sampai ke sana.

“Kan dia mulainya dari sisi kanan lurus terus ke Panimbang, itu di ujung, sekarang konstruksi juga belum sampai sana,” ujarnya.

Sebagai informasi, tol yang menghubungkan Serang menuju Panimbang ini dibangun sejak awal 2017. Tol ini akan membentang sepanjang 84 kilometer.

Pembangunan tol ini akan mengembangkan daerah-daerah yang ada di provinsi Banten yang terkenal akan potensi agrikultur dan pariwisatanya. Hal ini diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Banten seiring dengan tumbuhnya pusat-pusat ekonomi baru lewat pembangunan jalan tol ini.

Tol ini akan menghubungkan setidaknya empat kota/kabupaten otonom, yakni Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Pandeglang yang diharapkan juga bisa menggerakkan ekonomi baru pada kawasan strategis kota/kabupaten. (zlf/zlf)

Artikel Lainnya: