fbpx
Berita

Toyota Munculkan Sedan Mark X GRMN, Dijual Terbatas

Berita ini terbit pertama kali pada tautan ini.

VIVA – Ajang pameran otomotif Tokyo Auto Salon 2019, yang kini tengah digelar 11-13 Januari 2019, dimanfaatkan Toyota untuk merilis sedan istimewanya Mark X ‘GRMN’.

Mobil ini adalah hasil garapan tim divisi balap Toyota Gazoo Racing yang dijual untuk kebutuhan jalan raya. Mark X GRMN merupakan versi kedua dari edisi pertama yang dirilis pada 2015 lalu.

Menurut President of Toyota Gazoo Racing Shigeki Tomoyama, GRMN adalah karya dari para ahli mereka untuk menghasilkan sedan berperforma tinggi dengan karakter mobil balap murni.

“Mark X GRMN menawarkan sensasi handling khas mobil balap. Suspensinya juga sudah kami rancang khusus agar responsif,” kata dia di Tokyo Auto Salon, Jepang, Jumat 11 Januari 2019.

Handling disebut-sebut istimewa karena khas dengan mobil balap dengan transmisi enam-percepatan yang tertanam. Selain itu komponen Gazoo Racing lain yang ikut dibenamkan adalah sistem pengereman dengan spesifikasi balap.

Bobot edisi terbaru juga lebih ringan 10 kilogram, berkat panel atap yang diperkuat serat karbon. Selain itu apabila Toyota Mark X sebelumnya hanya diproduksi terbatas sebanyak 100 unit, kini unit terbaru diproduksi lebih banyak menjadi 350 unit.

Jantung yang tertanam pada mobil dengan berat 1.560 kilogram ini adalah mesin V6 berkapasitas 3,5 liter N/A yang dapat memompa tenaga hingga 234 kW dan torsi 380 newton meter. Sedangkan harga, GRMN dijual dengan banderol 5,13 juta Yen atau setara Rp665 jutaan. (mus)

Artikel Lainnya: