fbpx
Berita

Tour de Bintan 2019 Jadi Kualifikasi Kejuaraan Dunia Balap Sepeda

Berita ini terbit pertama kali pada tautan ini.

VIVA – Kejuaraan balap sepeda amatir Tour de Bintan akan kembali digelar untuk ke-9 kalinya di Pulau Bintan, Kepulauan Riau pada 29-31 Maret 2019. Ajang ini juga akan menjadi kualifikasi kejuaraan dunia UCI Gran Fondo.

Dalam keterangan resminya, CEO Meta Sports, penyelenggara Tour de Bintan, Nathalie Marquet, mengatakan, ajang ini menjadi salah satu dari tiga kejuaraan di Asia dan termasuk 21 kejuaraan di tingkat dunia yang merupakan bagian kualifikasi kejuaraan dunia UCI Gran Fondo.

“Selama tiga tahun berturut-turut, Tour de Bintan telah menjadi kualifikasi kejuaraan dunia UCI Gran Fondo,” kata Natahalie di Jakarta, Selasa, 12 Februari 2019.

Nathalie menargetkan, Tour de Bintan 2019 akan diikuti oleh 1200 pesepeda amatir. Sampai saat ini pendaftaran masih dibuka dan sudah ada perwakilan dari 42 negara yang mendaftar.

Sekedar informasi, Gran Fondo sendiri berasal dari bahasa Italia yang berarti bersepeda jarak jauh. Lintasan pada sebuah ajang balap sepeda Gran Fondo umumnya dihiasi panorama yang indah.

Makanya, ajang Tour de Bintan dihelat sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan promosi sport-tourism. Tujuh pilihan lomba akan disediakan dalam Tour de Bintan yang dibagi menjadi sejumlah kelompok umur.

“Untuk bisa lolos ke kejuaraan dunia Gran Fondo di Polandia, peserta Tour de Bintan harus menyelesaikan perlombaan minimal masuk 25 persen peringkat teratas di kelompok usia masing-masing,” jelas Nathalie.

Balapan yang berlangsung selama tiga hari itu akan menampilkan jalur yang memadukan pemandangan pulau tropis di Bintan, yang meliputi pantai pasir putih, hutan dan deretan desa-desa indah. Balapan sendiri akan dibuka pada Jumat, 29 Maret 2019 di Lagoi Bay dengan melombakan kategori individual time trial.

Artikel Lainnya: