fbpx
Berita

Terminal Bus Mandalika Resmi Beroperasi

Berita ini terbit pertama kali pada tautan ini.

Liputan6.com, Jakarta – Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi meresmikan Terminal Penumpang Tipe A Mandalika di kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Menurutnya, ini merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pelayanan penumpang di Terminal Tipe A.

“Saya mengucapkan selamat untuk peresmian Terminal (Tipe A) di Mandalika dan kami juga mohon kerjasama semua pihak terutama Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Mataram karena ini adalah aset bersama,” ujar Budi dalam keterangannya, Senin (14/1/2019).

Budi menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di kota Mataram untuk bisa memanfaatkan terminal bus yang ada di daerahnya.

“Saya juga berharap kepada masyarakat untuk bisa memanfaatkan terminal dengan baik dan mulai mengalihkan penggunaan kendaraan-kendaraan pribadinya dengan kendaraan bus BRT kemudian juga angkutan AKAP dan AKDP, sehingga kemacetan di kota-kota yang besar di Indonesia termasuk Mataram bisa dikurangi,” katanya.

Perlu diketahui, Pada Tahun 2017 sesuai dengan ketentuan Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah yang menggantikan UU Nomor 32 Tahun 2004, Terminal Penumpang Tipe A Mandalika diserahkan dari Pemerintah Kota Mataram kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan RI.

Terminal Penumpang Tipe A Mandalika merupakan terminal penumpang terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat, terletak di Jl. Raya Sandubaya Kota Mataram dengan luas lahan +- 40.000 m2.

Menurut Budi, terminal ini merupakan satu-satunya Terminal Tipe A yang ada di Pulau Lombok, Provinsi NTB yang dinilai keberadaannya akan sangat penting sebagai prasarana penghubung antar daerah, terutama untuk Provinsi NTB sendiri, tentunya kelancaran dan aksesibilitas wilayah NTB akan sangat ditentukan oleh prasarana berupa terminal yang memadai.

Nantinya ada beberapa trayek yang dilayani, baik dari maupun menuju Terminal Penumpang Tipe A Mandalika. Trayek-trayek tersebut diantaranya trayek AKAP, AKDP, serta ada angkutan Pemadu Moda milik Perum Damri, yang mengantarkan penumpang menuju Bandara Internasional Lombok di Praya, Lombok Tengah.

2 dari 3 halaman

Trayek

Presiden Joko Widodo meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). (Liputan6.com/Fiki Ariyanti)

Adapun trayek yang dilayani oleh Terminal Tipe A Mandalika, antara lain:

1. Angkutan AKAP Bima – Mataram – Surabaya – Malang;

2. Angkutan AKAP Bima – Mataram – Surabaya – Jakarta;

3. Angkutan AKAP Bima – Mataram – Yogyakarta – Jakarta.

4. Angkutan AKDP Mataram – Bima;

5. Angkutan AKDP Mataram – Dompu;

6. Angkutan AKDP Mataram – Taliwang;

7. Angkutam AKDP Mataram – Sumbawa;

8. Angkutan AKDP Mataram – Calabai;

9. Angkutan AKDP Mataram – Alas;

10. Angkutan Perintis yang menghubungkan ke Pulau Sumbawa (6 trayek) dan Pulau Lombok (3 trayek); dan

11. Angkutan Pemadu Moda Mataram – Bandara Internasional Lombok.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Lainnya: