fbpx
Berita

Targetkan 20 Ribu SDM Digital, Kominfo Tiru Kurikulum dari Prancis

Berita ini terbit pertama kali pada tautan ini.

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, menargetkan pada akhir tahun 2019 mendatang akan ada sekolah yang membantu pemerintah untuk mengejar target penyediaan sumber daya manusia (SDM), khususnya yang ahli dalam bilang ekonomi digital.

“Nantinya ada sekolah yang dihadirkan untuk pelatihan sumber daya manusia menjadi digital talent. Silabusnya ini kita bawa atau tiru dari Prancis. Ya, diadopsilah pokoknya, jangan studi banding lagi, tapi studi tiru. Lama kalau studi banding,” kata Rudiantara saat menghadiri Diskusi Startup dan Pemerintah di ICE BSD, Tangerang, Minggu, 17 Maret 2019.

Menurutnya, melalui upaya tersebut, pemerintah dapat segera memenuhi target 20 ribu digital talent yang ahli dalam bidang teknisi.

“Sekarang baru ada 600 orang. Dan kalau makin banyak tempat pelatihan, tentunya dapat cepat juga kita memenuhi target. Sehingga bisa mewujudkan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital se-Asean di tahun 2020,” ujarnya.

Terkait dengan lokasi sekolah tersebut, Kominfo masih melakukan koordinasi dengan sejumlah lembaga terkait. Namun, pihaknya telah mengincar kawasan BSD, Tangerang.

“Di sini (BSD) lokasinya juga cukup bagus. Ada dukungan dari Sinar Mas Land yang menjadi kawasan digital hub. Nanti kita koordinasikan lebih lanjut,” ungkapnya.

Disebutkan pula, kawasan Bumi Serpong Damai, Tangerang yang dikelola oleh pihak Sinar Mas Land juga direncanakan pemerintah menjadi ‘Silicon Valley’ Indonesia. (ase)

Artikel Lainnya:

    None Found