fbpx
Berita

Tak Lewat Jember, Tol Probolinggo-Banyuwangi Dibangun 2019

Berita ini terbit pertama kali pada tautan ini.

Jakarta – Proyek tol Trans Jawa masih menyisakan ruas Probolinggo hingga Banyuwangi. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan pengoperasian Trans Jawa hingga di Grati, Pasuruan.

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, tol Trans Jawa ruas Probolinggo-Banyuwangi kini masih dalam tahap pengadaan tanah. Hingga kini perkembangan paling barunya adalah penetapan lokasi pada Seksi I, Probolinggo-Situbondo.

“Sudah diusulkan ke Gubernur penentuan lokasi, yang sudah keluar penentuan lokasinya Seksi I dari Probolinggo ke Situbondo. Lainnya bertahap, nanti menyusul,” jelas Herry saat dihubungi detikFinance, Selasa (25/12/2018).

Lebih lanjut Herry menjelaskan bahwa proyek tol Probolinggo-Banyuwangi ini akan selesai tahun 2021. Lalu, untuk konstruksinya akan dimulai tahun depan dengan memulai konstruksi Seksi I, Probolinggo-Situbondo.

“Untuk Probowangi (Probolinggo-Banyuwangi), penentuan lokasi kan udah bergerak, mudah-mudahan 2019 udah bisa konstruksi, kalau tanahnya sudah tersedia,” ungkap Herry.

Herry juga menyampaikan targetnya 2021 Tol Trans Jawa bisa selesai keseluruhan. Artinya, bisa sampai terhubung hingga ke Banyuwangi.

“2021 bisa selesai keseluruhan sampai Banyuwangi. Kita liat nanti, kalau bisa kita percepat,” kata Herry.

Proses penyambungan Grati menuju Probolinggo sendiri hingga kini masih dalam pengerjaan. “Kalau konstruksi kan udah operasi sampai Grati, nanti yang 32 km lagi, sampai Probolinggo nanti awal tahun,” katanya. (ara/ara)

Artikel Lainnya: