Berita

Siapa Sebenarnya Kubo 'Messi Jepang' yang Direkrut Madrid?

VIVA –Real Madrid resmi menggaet pemain muda Jepang, dia adalah Takefusa Kubo. Nama yang asing di telinga penikmat sepakbola kemudian menghadirkan tanda tanya, siapa sebenarnya sosok Kubo yang dijuluki Messi dari Jepang ini? 

Kubo adalah winger berusia 18 tahun, yang sebelumnya membela klub J-League, FC Tokyo. Dilansir berbagai sumber perjalanan kariernya sebagai pesepakbola profesional cukup berat, dia malang melintang hingga Eropa. 

Tepatnya saat berusia 9 tahun, Kubo resmi menjadi bagian dari akademi Barcelona, La Masia. 

Setelah lima tahun bergabung, Kubo memutuskan keluar setelah Blaugrana terkena sanksi tentang perekrutan pemain di bawah umur. Dia kemudian ke FC Tokyo dan dipinjamkan ke Marinos pada 2018. 

Di usia yang masih muda, total Kubo dipercaya tampil dalam 16 pertandingan dan mencetak lima gol bersamama FC Tokyo, dan mencetak 1 gol dalam enam penampilan bersama Yokohama Marinos. 

Kubo juga baru saja melakoni laga debutnya bersama Timnas Jepang saat mengalahkan El Savador 2-0 di Hitomebore Stadium Miyagi. Nama pemain muda ini bahkan masuk dalam skuat armada Samurai Biru yang akan tampil sebagai tim undangan di Copa America 2019. 

Di Indonesia sendiri, nama Kubo sebenarnya tidak asing, apalagi klub Bhayangkara. Sebab dia pernah menjajal kekuatan Bhayangkara pada awal 2018 lalu saat pertandingan peringatan 60 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Jepang. 

Di Real Madrid, Kubo tidak akan langsung masuk ke tim utama. Pemain dengan mahar 2 juta Euro (Rp32 miliar) ini akan lebih dulu membela tim B Real Madrid, Castilla.