Berita

Sandiaga Uno Mengaku Dapat Banyak Ilmu dari Eka Tjipta Widjaja

Liputan6.com, Jakarta – Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2 Sandiaga Salahuddin Uno Mengaku mendapat banyak bekal ilmu sebagai seorang pengusaha dari Pendiri Sinar Mas Grup Eka Tjipta Widjaja yang baru saja tutup usia pada Sabtu, 26 Januari 2019 kemarin.

Sandiaga mengatakan, ia turut berdukacita atas kepergian orang terkaya ketiga di Indonesia tersebut. Dia juga menilai, Eka Tjipta merupakan sosok pengusaha yang patut diteladani lantaran bisa merintis bisnis dari kecil hingga menjadi besar.

“Tentunya saya berdukacita dan belasungkawa atas kepergian pak Eka Tjipta Widjaja. Beliau pengusaha yang berjuang dari usaha kecil jadi besar, sekarang jadi salah satu yang terbesar di Asia,” ungkap dia di Rumah Duka Sentosa, Jakarta, Minggu (27/1/2019).

Saat awal karirnya sebagai pengusaha, Sandiaga bercerita, ia sempat diberikan tips oleh Bos Sinar Mas untuk bisa memperbesar bisnisnya. “kalau bisnis mau besar itu harus kerja keras dan networking, berjejaring, banyak teman, silaturahmi. Banyak teman itu mendatangkan banyak rejeki,” imbuhnya.

Dia juga menyampaikan, pernah berinteraksi langsung dengan Eka Tjipta Widjaja saat masih menjadi Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2005-2008.

“Beliau sampaikan, bahwa berbisnis itu selain daripada tentunya mencoba peluang usaha tapi juga pertemanan, berjejaring. Dan beliau membangun jejaringnya ini bukan hanya di Indonesia, di China, Hong Kong, dan kita lihat bagaimana ekspansi bisnis Sinaras adalah tentunya dari kepemimpinan beliau,” paparnya.

“Sekarang itu sudah dikerjakan oleh generasi kedua, Sinar Mas terus bertumbuh. Ini mungkin salah satu motivasi bagi pengusaha pemula untuk bekerja keras dan networking, karena itulah kunci kesuksesan dari usaha. Saya yakin motivasi itu kalau kita eksekusi dalam keseharian kita akan mendatangkan banyak pertumbuhan di bidang ekonomi,” tambahnya.