fbpx
Berita

REI NTT Siap Berikan Garansi KPR Uang Muka Nol Persen

Berita ini terbit pertama kali pada tautan ini.

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Adiana Ahmad

POS-KUPANG.COM|KUPANG–REI NTT kembali meminta bank-bank pelaksana untuk melaksanakan kebijakan Bank Indonesia untuk merelaksasi uang muka kredit KPR.

REI NTT bahkan siap memberikan garansi kepada bank jika dalam perjalanan ada konsumen yang macet atau tidak mampu melanjutkan pembayaran angsuran.

Permintaan itu disampaikan Ketua DPD REI NTT, Bobby Pitoby ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (3/8/2018).

Bobby mengatakan, relaksasi sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan rumah baik subsidi maupun komersil.

“Kita REI NTT siap buy back garanti ke bank. Kalau macet, kita beli kembali rumah tersebut. Relaksasi ini bukan hanya rumah pertama tapi rumah kedua dan selanjutnya,” kata Bobby.

Pada kesempatan itu, Bobby juga menegaskan relaksasi uang muka KPR tidak ada kaitannya dengan subsidi uang muka.

Pasalnya, relaksasi merupakan kebijakan makro Bank Indonesia dalam upaya mendorong masyarakat mendapatkan rumah layak huni sedangkan subsidi uang muka merupakan kebijakan dari Kementeri PU PR.

“S-BUM itu kebijakan pemerintah mengurangi beban masyarakat berpenghasilan rendah untuk dapatkan rumah. Kalau subsidi uang muka dihapus, apa artinya rumah subsidi. Jadi masyarakat tidak perlu kuatir. Relaksasi tak akan menghapus subsidi uang muka dari pemerintah,” tegas Bobby.

Bobby mengatakan, sudah berkoordinasi dengan bank-bank pelaksana. Namun sejauh ini yang sudah memberikan respon baru BRI.

“Saya dengan BRI sudah sosialisasi kebijakan ini ke mana-mana. Semoga diikuti bank lain,” kata Bobby. (*)

Artikel Lainnya:

    None Found