fbpx
Berita

Perjalanan Mitsubishi Xpander sepanjang 2018

Berita ini terbit pertama kali pada tautan ini.

Jakarta (ANTARA News) – Tahun 2018 dinilai sebagai momentum penting dalam kiprah mobil keluarga Mitsubishi Xpander yang telah dua tahun mengaspal di Indonesia.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mencatat pemesanan Xpander mencapai 115.000 unit hingga Desember 2018, menunjukkan bahwa model ini sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat Tanah Air.

Selain angka penjualan, penerimaan yang sangat baik juga dibuktikan dengan keikutsertaan Xpander di berbagai ajang bergengsi yang menandakan dinamisnya industri otomotif, gaya hidup dan hiburan, sekaligus ikut berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Tahun 2018 merupakan tahun yang penting bagi sosialisasi Xpander kepada masyarakat, dan pada tahun 2019 kami terus berusaha untuk melanjutkan kesuksesan aktivitas, capaian dan kontribusi Xpander serta meningkatkan layanan terbaik untuk konsumen dan masyarakat Indonesia,” kata Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Irwan Kuncoro, dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu (12/1).

MMKSI pun menggelar serangkaian program untuk mengenalkan Xpander kepada khalayak, mulai dari proses pembuatan hingga ragam promosi yang melibatkan gaya hidup masyarakat Indonesia. Berikut merupakan kaledoiskop Xpander sepanjang 2018:

Kunjungan ke Pusat Produksi

Pada 7 Februari 2018, Mitsubishi mengajak puluhan media massa, blogger dan komunitas pecinta mobil Mitsubishi menunjungi pabrik perakitan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di GIIC Deltamas, Bekasi, Jawa Barat.

Media Test Drive

MMKSI memberikan kesempatan kepada 100 media massa nasional untuk mencoba dan merasakan langsung keunggulan desain, fitur, performa dan kenyamanan Xpander.  Rangkaian kegiatan ini berlangsung selama sepekan 4 – 10 Maret 2018, dengan tiga etape dan rute yang beragam mulai dari perkotaan, jalan tol hingga pantai selatan Jawa: Semarang – Solo, Solo – Yogyakarta dan  Yogyakarta – Semarang dengan total jarak tempuh mencapai 750km

Hasil Uji Tabrak ASEAN NCAP

Pada 13 April 2018, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengumumkan bahwa Xpander, mendapat peringkat bintang 4 dari ASEAN New Car Assesment Program (NCAP), sebagai badan independen yang menguji tingkat keselamatan kendaraan yang diproduksi massal.

IIMS 2018
 
Keikutsertaan PT MMKSI dalam ajang IIMS 2018 (19 – 29 April 2018) mendulang sukses dengan membukukan angka pesanan kendaraan (SPK) sebanyak 2.644 unit yang melampaui target awal. Terbukti Xpander pun berkontribusi maksimal dan mendominasi penjualan Mitsubishi pada event itu.

Ekspor Perdana Xpander Ke Filipina

Pada 25 April 2018, Mitsubishi Motors melakukan peluncuran ekspor perdana untuk model Xpander, yang diresmikan Presiden Joko Widodo dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, serta Chief Executive Mitsubishi Motors, Osamu Masuko.

GIIAS 2018

Dalam GIIAS 2018, MMKSI memperkenalkan varian baru Xpander yakni Sport M/T dan GLS A/T. Tidak hanya itu, pilihan warna baru Deep Bronze Metallic tersedia untuk varian Ultimate dan Sport yang melengkapi pilihan warna sebelumnya.  MMKSI meraih pemesanan kendaraan (SPK) sebanyak 4.509 unit yang didominasi Xpander sebanyak 2.689 unit (60 persen total SPK).

Peningkatan Produksi

Mitsubishi Motors mengumumkan peningkatan jumlah produksi Xpander, seiring permintaan yang tinggi di Indonesia dan wilayah ASEAN. PT MMKSI berencana untuk terus meningkatkan kapasitas produksi dengan target mencapai 150.000 unit di tahun fiskal 2019.

Jambore Nasional Komunitas Xpander

Pada 28 September 2018, komunitas Xpander Mitsubishi Owner Club (X-MOC) merayakan hari jadinya yang pertama melalui Jambore Nasional pertamanya di Salatiga, yang dihadiri lebih dari 400 anggota dari berbagai wilayah di Indonesia. Dalam setahun, anggota X-MOC terkumpul hingga lebih dari 2.000 anggota.
  Pramugari Garuda Indonesia berfoto di samping mobil Expander seusai acara serah terima kendaraan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (11/12/2018). Sebanyak 401 unit mobil Mitsubushi Expander akan digunakan Garuda Indonesia Airways (GIA) untuk kebutuhan transportasi awak kabin di area Jabodetabek dari tempat tinggal menuju bandara dan sebaliknya. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/hp.

Mobil Resmi Awak Kabin Garuda

Pada 11 Desember 2018, MMKSI dan Garuda Indonesia meresmikan seremoni serah terima unit Xpander. Sebanyak 401 unit Xpander telah dipasang stiker branding sesuai dengan karakter perusahaan dan akan digunakan sebagai kendaraan operasional awak kabin Garuda Indonesia

Peresmian Jalur tol Trans Jawa

Tiga unit Xpander dan dua unit Pajero Sport berpartisipasi dalam rombongan Presiden Jokowi saat menjajal ruas tol baru dari Surabaya hingga Semarang pada peresmian Jalur tol Trans Jawa yang menghubungkan titik ujung barat hingga timur pulau Jawa.

Dunia Hiburan dan Gaya Hidup

Kendaraan tujuh penumpang ini juga meramaikan beberapa ajang hiburan antara lain Jakarta International Java Jazz, Indonesian Idol 2018, dan Xpander di KidZania Jakarta.

Kampanye Xpander Tons of Real Happiness juga hadir di berbagai kota dan telah dikunjungi hampir 90.000 pengunjung. Mobil ini juga hadir dalam film Milly & Mamet.

 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019

Artikel Lainnya: