fbpx
Berita

Pemerintah AS Sudah Tutup 20 Kali dalam 42 Tahun

Berita ini terbit pertama kali pada tautan ini.

Jakarta – Pemerintahan Amerika Serikat (AS) ditutup lagi atau government shutdown sejak Sabtu dini hari waktu setempat. Penutupan pemerintah AS bukan kali pertama yang terjadi dalam sejarah.

Mengutip CNBC Indonesia, Rabu (26/12/2018), penutupan pemerintahan tersebut dipicu oleh penolakan anggota Senat dari Partai Demokrat atas usulan pendanaan senilai US$ 5 miliar untuk tembok perbatasan yang telah sejak lama diupayakan oleh Presiden Donald Trump.

Akibat dari penutupan itu, pendanaan untuk sembilan departemen federal dan beberapa lembaga telah habis pada Jumat tengah malam, dan tanpa adanya terobosan politik, lebih dari 420.000 karyawan akan bekerja tanpa bayaran dan 380.000 lainnya akan diliburkan.

Berikut ini catatan dari serangkaian penutupan atau shutdown yang pernah terjadi di pemerintahan AS:

9 Februari 2018
Mengapa terjadi penutupan? Perjanjian anggaran yang mencakup kenaikan belanja militer, dana bantuan bencana, dan perpanjangan pendanaan untuk CHIP dikecam oleh banyak pihak, termasuk Pemimpin Minoritas Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Nancy Pelosi dan Senator Rand Paul. Mereka menentang anggaran itu karena tidak memberi solusi bagi imigran dan melindungi penerima Deferred Action for Childhood Arrival (DACA) atau yang disebut Dreamers.

Kenapa penutupan berakhir? Kongres meloloskan kesepakatan pendanaan US$ 400 miliar yang ditandatangani oleh Trump.

20-22 Januari 2018
Mengapa terjadi penutupan? Rancangan Undang-Undang (RUU) imigrasi Senat yang didukung Trump gagal disahkan. Demokrat menginginkan RUU itu untuk membahas pendanaan program Deferred Action for Childhood Arrival (DACA), tetapi Partai Republik mengatakan batas waktu pembahasan setelah pertengahan Maret.

Kenapa penutupan berakhir? Demokrat mencapai kompromi untuk melanjutkan negosiasi hingga 8 Februari.

“Jika kesepakatan tidak tercapai pada 8 Februari, Senat akan segera melanjutkan ke pertimbangan undang-undang yang berhubungan dengan DACA,” kata Pemimpin Minoritas Senat Chuck Schumer sebelumnya.

1-17 Oktober 2013
Mengapa terjadi penutupan? Ted Cruz dan kubu konservatif DPR berkeras menunda Obamacare, sebuah upaya yang ditolak Presiden Barack Obama ketika itu. DPR mengeluarkan banyak versi; Senat terus menolaknya.

Kenapa penutupan berakhir? Perubahan kecil dibuat untuk Obamacare, termasuk persyaratan verifikasi pendapatan, sebelum Obama menandatangani RUU belanja negara. Kongres memilih untuk menaikkan batas utang juga.

5 Desember 1995 hingga 6 Januari 1996
Mengapa terjadi penutupan? Ini merupakan shutdown terlama dalam sejarah AS, berkaitan dengan ketentuan untuk menyeimbangkan anggaran dalam tujuh tahun. Partai Republik ingin Presiden Bill Clinton menggunakan proyeksi ekonomi Kantor Anggaran Kongres (CBO), bukan Kantor Manajemen dan Perkiraan Anggaran yang lebih optimistis.

Kenapa penutupan berakhir? Partai Republik menyerah dan Clinton mengajukan rencana dengan perkiraan CBO untuk memastikan anggaran berimbang dalam tujuh tahun.

13-19 November 1995
Mengapa terjadi penutupan? Clinton memveto resolusi Kongres yang dipenuhi dengan ketentuan yang dia tentang, termasuk kenaikan premi Medicare.

Kenapa penutupan berakhir? Ketika negosiasi berlanjut, Kongres setuju untuk mendanai pemerintah di tingkat 75% selama sekitar satu bulan. Dan terlepas dari penentangan awalnya, Clinton menyetujui ketentuan untuk menyeimbangkan anggaran dalam tujuh tahun.

5-9 Oktober 1990
Mengapa terjadi penutupan? Mantan Presiden George W. Bush memveto RUU pengeluaran tanpa rencana pengurangan defisit, yang dia minta. DPR tidak dapat mendukung veto.

Kenapa penutupan berakhir? Kongres menghasilkan resolusi bersama dengan rencana pengurangan defisit. Bush menandatanganinya.

18-20 Desember 1987
Mengapa terjadi penutupan? Demokrat ingin lebih banyak dana untuk Contras Nikaragua dan ingin mengembalikan “Doktrin Keadilan” yang membutuhkan liputan politik yang seimbang oleh para penyiar.

Kenapa penutupan berakhir? Contras menerima bantuan yang tidak mematikan, tetapi Demokrat menyerah untuk mengembalikan “Doktrin Keadilan.”

16-18 Oktober 1986
Mengapa terjadi penutupan? Banyak ketidaksepakatan antara Demokrat dan Gedung Putih di bawah kepemimpinan Reagan, termasuk langkah Demokrat untuk memperluas Bantuan untuk Keluarga dengan Anak-anak Tanggungan (kesejahteraan). Waktu penentuan habis sebelum semua pihak bisa mencapai resolusi.

Kenapa penutupan berakhir? Demokrat menjatuhkan beberapa tuntutan tetapi mengamankan perluasan kesejahteraan dan konsesi terkait privatisasi perkeretaapian umum, Conrail.

3-5 Oktober 1984
Mengapa terjadi penutupan? Perpanjangan tiga hari terus ditarik-ulur.

Kenapa penutupan berakhir? Kongres melepaskan masalah hak-hak sipil dan paket proyek-proyek air dan mengesahkan tindakan melawan kejahatan yang diinginkan Presiden Ronald Reagan. Pendanaan sementara untuk gerilyawan Contra anti-komunis Nikaragua juga disetujui, yang tidak terkait dengan perselisihan penutupan sebelumnya.

30 September – 3 Oktober 1984
Mengapa terjadi penutupan? RUU pengeluaran disahkan di DPR, termasuk paket kejahatan yang diinginkan Reagan, tetapi juga di dalamnya termasuk paket proyek air yang dia tentang.

Selain itu, Demokrat mengupayakan pembalikan dari Undang-Undang Hak Sipil Title IX Grove City College v. Mahkamah Agung Bell membuat putusan, yang memungkinkan pengecualian untuk perguruan tinggi yang tidak mendapatkan dana federal tetapi siswanya mendapatkannya. Reagan juga menentang ini.

Kenapa penutupan berakhir? Kesepakatan tidak tercapai pada waktunya, sehingga negosiasi dilanjutkan dengan penandatanganan perpanjangan pengeluaran.

10-14 November 1983
Mengapa terjadi penutupan? Adanya perselisihan Reagan tentang pemotongan dan kenaikan belanja bantuan asing, ditambah dengan anggaran belanja pendidikan US$1 miliar dari Demokrat, menyebabkan shutdown singkat.

Kenapa penutupan berakhir? Demokrat di DPR memangkas pengeluaran menjadi sekitar US$100 juta dan mendanai misil MX yang diinginkan Reagan, tetapi mempertahankan bantuan luar negeri dan pemotongan dana pertahanan yang mereka usulkan.

Mereka juga mendapat larangan perlindungan satwa liar untuk minyak dan gas. RUU baru juga melarang asuransi kesehatan karyawan federal untuk mendanai aborsi kecuali jika nyawa sang ibu berada dalam bahaya.

17-21 Desember 1982
Mengapa terjadi penutupan? Ada dua alasan utamanya. Pertama, Reagan tidak akan menandatangani dua RUU belanja yang diusulkan untuk menciptakan pekerjaan. Kedua, DPR menolak untuk mendanai program rudal Perang Dingin MX Reagan melawan Uni Soviet.

Kenapa penutupan berakhir? Tidak ada masalah yang disebutkan di atas yang didanai. DPR mengusulkan pendanaan untuk dukungan hukum bagi warga Amerika miskin dan peningkatan pendanaan untuk Israel, yang ditandatangani Reagan menjadi undang-undang setelah mengkritik kedua strategi tersebut.

30 September-2 Oktober 1982
Mengapa terjadi penutupan? Kongres tidak meloloskan RUU pengeluaran baru pada waktunya karena para pemimpinnya ‘sibuk’. “Presiden Reagan mengundang semua anggota Kongres ke acara barbekyu di Gedung Putih, sementara Demokrat sedang makan malam penggalangan dana seharga US$1.000 per piring,” New York Times melaporkan pada tahun 1982.

Kenapa penutupan berakhir? Tidak ada yang terjadi. RUU belanja ditandatangani tidak berapa lama setelahnya.

20-23 November 1981
Mengapa terjadi penutupan? Mantan Presiden Ronald Reagan memveto paket anggaran domestik untuk memotong legislasi senilai US$2 miliar, sebagian dari yang dia upayakan.

Kenapa penutupan berakhir? RUU sementara memperpanjang pengeluaran hingga 15 Desember untuk memberikan waktu bagi dibentuknya resolusi jangka panjang.

30 September-12 Oktober 1979
Mengapa terjadi penutupan? DPR ingin membatasi pengeluaran aborsi federal dengan pembatasan yang lebih ketat (hanya untuk mendanai aborsi yang kehidupan ibunya dalam bahaya) tetapi Senat ingin tetap mendanai aborsi dalam kasus pemerkosaan, inses dan mempertinggi risiko kesehatan ibu. DPR juga ingin menaikkan gaji pegawai negeri kongres dan senior sebesar 5,5%, yang ditentang Senat.

Kenapa penutupan berakhir? Kompromi yang sebelumnya ditetapkan pada Medicaid dan aborsi diperketat untuk memungkinkan pendanaan dalam kasus pemerkosaan, inses, tetapi tidak ketika kesehatan ibu dalam bahaya. Namun, pendanaan diizinkan jika hidup pihak ibu dalam bahaya. DPR juga menerima kenaikan gaji 5,5%.

30 September – 18 Oktober 1978
Mengapa terjadi penutupan? Mantan Presiden Jimmy Carter memveto RUU Pertahanan yang disahkan Kongres, yang termasuk pendanaan untuk kapal induk bertenaga nuklir. Dia juga memveto RUU pekerjaan umum. Keduanya, menurutnya, adalah proyek boros. Sengketa aborsi juga menambah kesenjangan pendanaan.

Kenapa penutupan berakhir? Pada akhirnya, RUU yang sebelumnya diveto disesuaikan untuk mengeluarkan proyek yang ditentang Carter dan kompromi sebelumnya tentang aborsi.

30 November – 9 Desember 1977
Mengapa terjadi penutupan? Langkah kedua untuk memberikan lebih banyak waktu untuk negosiasi tentang masalah aborsi gagal. Senat mengusulkan dana Medicaid digunakan untuk aborsi oleh korban perkosaan menurut undang-undang, yang ditolak oleh DPR.

Kenapa penutupan berakhir? Mereka akhirnya memperantarai kesepakatan untuk memungkinkan Medicaid juga membayar aborsi akibat pemerkosaan atau inses atau aborsi yang diperlukan untuk melindungi ibu dan kesehatannya.

31 Oktober – 9 November 1977
Mengapa terjadi penutupan? Perselisihan aborsi terus berlanjut meskipun tindakan untuk resolusi hanya bersifat sementara.

Kenapa penutupan berakhir? Carter menandatangani RUU lain untuk memberi Kongres lebih banyak waktu.

30 September-13 Oktober 1977
Mengapa terjadi penutupan? Senat di bawah Carter mengupayakan pembatasan yang lebih longgar pada penggunaan Medicaid untuk membiayai aborsi, khususnya untuk pendanaan dalam kasus pemerkosaan, inses atau ketika kesehatan ibu berisiko, sebelum batas waktu 30 September. Tetapi DPR ingin mempertahankan batasan waktu, yang hanya memungkinkan digunakannya dana Medicaid untuk menutupi aborsi jika nyawa ibu terancam.

Kenapa penutupan berakhir? Kesenjangan pendanaan berakhir 31 Oktober, dan negosiator diberi lebih banyak waktu untuk mencapai resolusi melalui tindakan sementara yang mengakhiri penutupan. (ara/ang)

Artikel Lainnya:

    None Found