Berita

Kembang Biak Kuda untuk Olahraga Equestrian Bakal Ada di Jakarta

VIVA – Perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan peternakan kuda dan perdagangan perlengkapan equestrian, PT Equina Globa Prima (Equinara) berencana melakukan kembang biak kuda berjenis wormblood di Jakarta International Equestrian Pulomas Park (JIEPP). 

Rencana tersebut diutarakan oleh Direktur Utama Equinara, Adinda Yuanita. Menurutnya, hal ini perlu dilakukan dalam proses menjalankan sistem pengelolaan fasilitas olahraga di JIEPP.

“Sebagai salah satu bentuk kerja sama pengelolaan JIEPP itu, kami berencana mengembangbiakkan kuda warmblood, yang khusus untuk olahraga equestrian. Pengembangbiakannya akan kami lakukan di JIEPP,” kata Adinda di JIEPP, Jakata Timur, Kamis 13 Juni 2019.

Ditambahkannya, pengembangbiakan kuda jenis warmblood sudah pernah dilakukan di Jerman lewat salah satu konsorsium Equinara, yaitu DeLaqour, perusahaan multinasional dengan bisnis utama di bidang pengembangbiakan kuda ras warmblood.

Adinda juga menjelaskan, Equinara memiliki afiliasi dengan sejumlah organisasi di Jerman yang menaungi ras kuda warmblood, dan juga mempunyai wewenang untuk menerbitkan paspor bagi kuda asli keturunan ras warmblood, antara lain Oldenburger, Hannoveraner, Holsteiner, dan Westfalen.

“Semua organisasi itu terdaftar pada Word Breeding for Sport Horse (WBFSH). Mudah-mudahan, ke depannya DKI Jakarta akan mempunyai anakan kuda premium khusus untuk olahraga equstrian dengan lisensi resmi yang diakui dunia,” ucap Adinda.

Pun Adinda menuturkan, pusat pengembangbiakan itu nantinya akan diberi nama Equina Warmblood Breeding and Training Center. Selain itu, kata Adinda, pihaknya tidak hanya sekedar mengembangbiakkan kuda, tapi juga melatih kuda-kuda tersebut dan memasarkannya ke para pecinta kuda.