Berita

Jokowi Ganti 2 Jembatan Uzur di Pelosok Bengkulu Pakai Rangka Baja

Jakarta – Konektivitas antar wilayah menjadi salah satu prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Realisasinya dilakukan dengan melakukan pembangunan jalan dan jembatan hingga ke pelosok.

Salah satunya adalah membangun jembatan rangka baja di desa Wono Harjo Kecamatan Giri Mulya Kabupaten Bengkulu Utara. Lokasi tersebut disambangi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Menteri Pembangunan Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo.

Pembangunan jembatan rangka baja itu dilakukan untuk menggantikan jembatan ‘usang’ yang selama ini menjadi tulang punggung penghubung di desa yang terpisah sungai tersebut.

Jembatan itu tampak usang mirip seperti jembatan di pedalaman hutan yang dijumpai dalam film Indiana Jones. Lebarnya hanya sekitar 3 meter sehingga hanya bisa dilewati 1 mobil. Bila ada dua mobil berlawanan arah, keduanya harus saling bergantian.

Alasnya yang terbuat dari kayu membuat siapapun yang menyeberang bakal berdebar jantungnya.

Basuki mengatakan penggantian jembatan diperlukan karena kondisi jembatan yang ada sudah sudah menurun kemampuannya karena berusia tua.

“Tahun ini sudah harus selesai. Di Bengkulu Utara, ada dua jembatan. Tahun ini keduanya rampung. Sehingga bisa terlepas dari keterisolasian wilayah,” kata Basuki saat meninjau lokasi.

Adapun satu jembatan lain yang juga sedang dikerjakan berlokasi Desa Kota Lekat Kecamatan Hulu Palik.

“Pak Basuki (Menteri PUPR) janji ada 5 jembatan yang mau dikasih ke kita. Tapi tahun ini dua dulu. Alhamdulillah,” kata Bupati Bengkulu Utara, Mian, dalam kesempatan yang sama. (dna/zlf)