fbpx
Berita

Habis, tiket kereta api di Daop VII Madiun

Berita ini terbit pertama kali pada tautan ini.

Kediri (ANTARA News) – PT Kereta Api Daerah Operasi VII Madiun, Jawa Timur, mengungkapkan sejumlah tiket kereta api kelas ekonomi maupun eksekutif sudah habis terjual hingga awal Januari 2019.

“Ketersediaan tempat duduk untuk KA Brantas mulai 23 Desember sampai 6 Januari 2019, KA Kahuripan mulai 23 Desember hingga 6 Januari 2019 sudah habis,” kata Manajer Humas Daop VII Madiun Ixfan Hendriwintoko di Kediri, Selasa.

Ia mengatakan, selama libur panjang Natal 2018 dan tahun baru 2019, Daop VII Madiun juga menambah kereta api baru, yakni untuk jalur di Stasiuh Kediri terdapat KA Brantas baik kelas bisnis maupun ekonomi. Operasional kereta api itu mulai 23 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019. Namun, tiket kereta api itu juga sudah habis.

Pihaknya menambahkan, selama libur panjang ini, volume penumpang baik yang naik maupun turun relatif lebih tinggi ketimbang hari biasa. Setiap hari, rata-rata lebih dari 2.000 penumpang yang turun maupun naik di Stasiun Kediri.

Sementara itu, untuk pengamanan selama libur panjang juga lebih intensif. Pengamanan dilakukan di stasiun hingga jalur, sebagai antisipasi hal yang tidak diinginkan. Tenaga pengamanan selain dari petugas internal, juga dari polisi.

Menurut Ixfan, sebenarnya tingkat keamanan di stasiun sudah aman, namun upaya preventif selalu dilakukan. Terlebih lagi di jalur kereta api, mengantisipasi terjadinya pelemparan serta pengganjalan jalur.

Lebih lanjut, ia mengatakan Daop VII Madiun juga menambah tenaga baru selama libur panjang ini termasuk memantau jalur serta penjaga jalur lintasan. Di Daop VII Madiun, secara total jumlah perlintasan hingga 382, dimana 76 di antaranya liar.

Namun, tidak semua jalur yang tidak ada petugasnya akan diberi petugas selama libur panjang ini. PT KAI memilih sejumlah jalur yang dinilai intensitas pengendaranya cukup tinggi dan belum ada petugas maupun rambu-rambu lalu lintas. Mereka akan bertugas mulai 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019.

Terkait titik rawan di wilayah Daop VII Madiun, juga telah dipetakan yaitu antara Wilangan – Saradan ada dua titik, antara Geneng – Paron dua titik, antara Madiun – barat satu titik, antara barat – geneng satu titik, antara Baron – Sukomoro satu titik, dan antara Blitar -Garum satu titik.

“Sampai saat ini aman dan lancar, namun tetep penjagaan dilakukan secara intensif dengan didukung para tenaga ekstra dan alat material untuk siaga yang telah disiapkan di sembilan stasiun besar (Madiun, Nganjuk, Jombang, Kertosono, Kediri, Tulungagung, Blitar, Walikukun dan Caruban), yang siap sewaktu-waktu dibutuhkan,” kata Ixfan.

Baca juga: Volume penumpang Natal di stasiun Daop 7 Madiun naik
 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Artikel Lainnya: