fbpx
Berita

Ekonomi Rusia tumbuh 2,3 persen pada 2018

Berita ini terbit pertama kali pada tautan ini.

Moskow (ANTARA News) – Ekonomi Rusia tumbuh 2,3 persen pada 2018, lebih tinggi dari perkiraan, data awal yang diterbitkan oleh Badan Statistik Federal Rusia (Rosstat) menunjukkan Senin (4/2).

Volume pertumbuhan produk domestik Rusia (PDB) untuk 2018 mencapai 103,63 triliun rubel (sekitar 1,58 triliun dolar AS), naik 2,3 persen yoy dibandingkan tahun 2017, kata Rosstat, dikutip dari Xinhua.

Angka tersebut jauh lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya oleh Kementerian Pembangunan Ekonomi Rusia dan bank sentral Rusia, yang memperkirakan pertumbuhan PDB tahun lalu masing-masing 2,0 persen dan 1,5-2 persen.

Sektor keuangan dan asuransi Rusia memperoleh kenaikan tahunan terbesar 6,3 persen, diikuti oleh 6,1 persen di sektor hotel dan katering, menurut Rosstat.

Sejumlah perubahan terkait dengan adopsi metodologi internasional untuk penilaian juga dicatat sebagai faktor-faktor untuk perubahan data, termasuk jasa-jasa perumahan, penilaian konsumsi modal tetap, koordinasi data ekspor dan impor dengan data neraca pembayaran.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada konferensi pers tahunannya pada Desember bahwa PDB Rusia akan melebihi 3,00 persen mulai tahun 2021.

 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Artikel Lainnya:

    None Found