Berita

DJP disarankan lakukan hal ini untuk tingkatkan penerimaan pajak

Merdeka.com – Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Andreas Susetyo, menyarankan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) meningkatkan upaya pengumpulan pajak dengan menyasar sektor potensial. Salah satunya industri jual beli daring (online) atau e-commerce.

BERITA TERKAIT

“Pertumbuhan pengumpulan pajak kita masih rendah, karena ada sektor-sektor yang pertumbuhannya sangat tinggi yang belum dipajaki. E-commerce, restoran, hiburan,” ungkapnya dalam diskusi Vox Point Indonesia, di Jakarta, Jumat (23/3).

Politisi PDIP ini pun menekankan pentingnya perbaikan basis data perpajakan. Selain itu, dia meminta agar peningkatan kapasitas baik sumber daya manusia (SDM), informasi teknologi (IT), maupun peraturan di internal DJP.

“Selama otoritas pajak punya banyak data dia (wajib pajak) lebih memiliki kekuatan. Kita mengerti bahwa pajak itu kan information. Kenapa di luar negeri kalau menghadapi pajak dia pasti taat? Mereka tidak bisa bermain-main karena otoritas pajak mengetahui semua informasi tentang yang bersangkutan,” tegasnya.

Dia berharap kehadiran keterbukaan informasi perpajakan dan pengampunan pajak dapat mengubah kepatuhan masyarakat.”Adanya AEoI di mana data finansial diberikan ke otoritas pajak, kemudian data dari deklarasi TA ini bisa meningkatkan ketaatan pajak karena tahu otoritas pajak memiliki informasi,” tandasnya.

[bim]