fbpx
Berita

Diplomasi ekonomi dukung Mayora pasarkan produk ke Rusia

Berita ini terbit pertama kali pada tautan ini.

Jakarta (ANTARA News) – Pemerintah menyatakan siap mendukung PT Mayora untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produk makanan dan minuman Indonesia ke Rusia dan negara-negara lain melalui upaya diplomasi ekonomi.

“Kami di Kementerian Luar Negeri sepenuhnya mendukung PT Mayora untuk berkembang di Rusia dan ekspansi ke seluruh dunia,” kata Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri Muhammad Anshor di Jakarta, Rabu.

Pernyataan tersebut disampaikan Dirjen Anshor saat menghadiri Konferensi Pers PT Mayora yang sukses menembus pasar ekspor ke Rusia.

Mayora Group selama lima tahun terakhir telah berhasil menembus pasar Rusia, dengan ekspor produk pada tahun 2018 mencapai 1.000 kontainer atau senilai lebih dari Rp140 miliar.

Presiden Direktur Mayora Group Andre Atmadja mengatakan bahwa keberhasilan itu tidak luput dari dukungan pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Perdagangan dan Kementerian Luar Negeri.

“Dengan adanya misi dagang, perundingan dagang, serta dukungan dari Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) dan diplomasi ekonomi yang dilakukan, sangat membantu Mayora dalam meningkatkan pasar ekspor,” ujar Andre.

Menanggapi hal itu, Dirjen Amerop Kemenlu Muhammad Anshor menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi atas keberhasilan Mayora Group.

“Sekarang Mayora menjadi mitra kami dalam meningkatkan hubungan ke luar negeri karena hubungan antarnegara bukan hanya antardiplomat dan pejabat, tetapi lebih penting antarpara pelaku bisnis dan masyarakat umum,” kata Anshor.

“Mayora semakin menjadi mitra penting dalam mengembangkan hubungan Indonesia dan Rusia. Indonesia bisa, Indonesia bangga dengan kehadiran produk berkualitas di Rusia,” lanjut dia.

Anshor menambahkan bahwa Kementerian Luar Negeri bekerjasama dengan kementerian dan lembaga terkait siap mendukung dan memfasilitasi PT Mayora untuk berekspansi ke negara-negara Eropa Timur dan Tenggara serta Amerika Selatan.

“Presiden Jokowi meminta prioritas diplomasi ekonomi untuk aktif menggenjot nilai ekspor, salah satunya dengan cara ‘menjemput bola’ kepada pengusaha-pengusaha dengan konsentrasi ekspor,” kata dia.

Baca juga: Mayora ekspor 2.000 kontainer makanan-minuman ke Rusia

Baca juga: Mayora berencana terbitkan obligasi Rp500 miliar

Baca juga: Presiden Jokowi ingin perbanyak usaha rintisan berorientasi ekspor
 

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Azizah Fitriyanti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Artikel Lainnya:

    None Found