fbpx
Berita

Daftar Kota Layak Huni di Dunia, Jakarta Nomor Berapa?

Berita ini terbit pertama kali pada tautan ini.

Liputan6.com, Jakarta – Mercer mengeluarkan daftar tahunan kota dengan kelayakan hidup terbaik di dunia. Tahun ini kota Wina di Austria kembali menempati nomor wahid dan Baghdad, Irak berada di peringkat bawah.

Mercer menilai kualitas sebuah kota dari beragam aspek, mulai dari ekonomi, layanan publik dan transportasi, lingkungan, sosial-budaya, pendidikan hingga keamanan.

Pada daftar tahun ini, Mercer juga menilai keselamatan dan kemerdekaan personal, hubungan dengan negara lain, serta kemerdekaan pers ikut dinilai. “Keselamatan personal adalah fondasi stabilitas di kota, tanpa itu bisnis dan talenta tak bisa berkembang,” tulis Mercer.

Bagaimana dengan Jakarta?

Jakarta ada di peringkat 142 dari 231 kota di dunia. Peringkat Jakarta juga lebih rendah dari negara berkembang lain di ASEAN seperti Malaysia, Filipina, dan Thailand.

Peringkat Jakarta tercatat stagnan dari tahun sebelumnya. Berdasarkan data Mercer selama 5 tahun terakhir, peringkat tertinggi Jakarta berada di posisi 140 pada tahun 2015.

Setahun kemudian Jakarta turun peringkat ke nomor 142, kemudian turun lagi ke 143, dan kembali ke 142 pada tahun lalu hingga sekarang.

Kota ASEAN dengan kualitas hidup terbaik versi Mercer ialah Singapura di nomor 25, kota itu pun juga kota terbaik seantero Asia. Kota ASEAN yang peringkatnya di bawah Indonesia adalah kota dari Laos, Myanmar, dan Vietnam.

Selengkapnya peringkat kota ASEAN di daftar Mercer, beserta 10 kota terbaik dan terburuk dunia.

Artikel Lainnya:

    None Found