fbpx
Berita

Butuh Tanggapan Tes Baca Alqur'an, Dai Aceh Datangi Dua Paslon

Berita ini terbit pertama kali pada tautan ini.

VIVA – Ikatan Dai Aceh atau IDA yang dipimpin oleh Tgk Marsyuddin Ishak mendatangi Badan Pemenangan Nasional atau BPN Prabowo-Sandi di Rumah Kertanegara, Jl Kertanegara, Jakarta, Senin 14 Januari 2019.

Kedatangan IDA ke markas BPN Prabowo-Sandi untuk silaturahmi, serta meminta respons atas undangan yang dikirimkan terkait Tes Baca Alquran di Bumi Serambi Mekah. 

“Kami ingin menanyakan jawaban resmi, namun dari pihak sekretariat tadi, bapak (Prabowo) sedang di luar mempersiapkan acara yang besar,” kata Marsyuddin.

Karena tidak bertemu dengan Prabowo maupun Sandiaga, ia mendapatkan kabar dari tim pemenangan pasangan capres cawapres akan segera memberikan jawaban.

“Mungkin, ini akan dirapatkan kembali. Insya Allah dalam waktu dekat mendapatkan jawaban,” ujarnya.

Marsyuddin memaparkan alasan untuk tes baca Alquran dari masyarakat Aceh, untuk menghindari politik identitas. Di mana, pasangan capres cawapres 01 dan 02 selama ini saling mengklaim yang paling Islami.

“Kita sadar politik identitas dimainkan, yang paling parahnya adalah saling klaim paling Islam. Yang paling parahnya adalah ada beberapa kalangan yang mengkafirkan kalangan lain. Dan, ada statement kalau pilih si A masuk surga, pilih si B masuk neraka,” paparnya.

Atas dasar saling klaim itu, menurutnya, para dai di Aceh sepakat untuk mengundang semua kandidat capres cawapres tes baca Alquran. “Kami Aceh harus ikut berbuat dalam hal ini, kita datang ke kedua calon, kita undang ke Aceh untuk di tes baca Alquran,” tegasnya.

Ia menegaskan, undangan tes membaca Alquran ini bukan hanya untuk Prabowo-Sandiaga, namun untuk pasangan Jokowi-Ma’ruf juga.

“Kemarin, kami surati bahwa kami dai Aceh mengundang kedua pasangan capres untuk tes baca Alquran. Nah, sampai sekarang jawaban resmi belum kami terima. Cuma ada statement 01, 02 di media. Nah, itu bagi kami tidak bisa kami pegang kami butuh resminya,” kata Marsyuddin. (asp)

Artikel Lainnya: