fbpx
Berita

Bupati Lebak apresiasi festival mancing di sungai Cisimeut

Berita ini terbit pertama kali pada tautan ini.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengapresiasi festival mancing di daerah aliran Sungai Cisimeut Desa Hariang Kecamatan Sobang.

Lebak (ANTARA) – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengapresiasi festival mancing di daerah aliran Sungai Cisimeut Desa Hariang Kecamatan Sobang.

“Kita berharap festival mancing itu menjadikan destinasi wisata,termasuk Goa Sangiang,” kata Iti di Lebak, Minggu.

Kegiatan festival mancing itu merupakan destinasi wisata, karena banyak wisatawan dari luar Kabupaten Lebak menjadi peserta mancing. Mereka ada dari Tangerang, Bogor, DKI Jakarta, Tangerang dan Bekasi.

Festival mancing di daerah ini memiliki kebiasaan yang unik, dimana di aliran sungai Cisimeut khususnya di Leuwi Hariang Kecamatan Sobang hanya boleh diambil ikannya atau dipancing pada waktu-waktu tertentu yakni tiga dan empat bulan sekali.

Namun, mereka peserta hanya diperbolehkan selama tiga hari memancing ikan dengan tujuan menjaga kelestarian ekosistem ikan yang ada di aliran sungai tersebut. Adapun, jenis ikan itu beraneka jenis, seperti ikan regis, emas, caung, boloso dan lainnya.

“Kami yakin festival mancing itu akan menjadikan daya tarik tersendiri dan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata Iti yang juga berhasil mendapatkan seekor ikan emas.

Menurut dia, Desa Hariang juga terkenal Goa Sangiang dan hampir akhir pekan dipadati pengunjung. Karena itu, masyarakat setempat harus memperhatikan sebagai salah satu desa destinasi wisata.

Masyarakat diminta menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar agar wisatawan merasa nyaman. Sebab, Desa Hariang yang lokasinya di kaki kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

“Kami optimistis wisata di Desa Hariang bisa menembus wisatawan domistik hingga mancanegara,” katanya.

Kepala Desa Hariang Nani Ristiani mengatakan kegiatan festival mancing di daerah ini menjadikan tradisi masyarakat sehingga dapat dijadikan agenda wisata,terlebih terdapat kawasan wisata Goa Sangiang.

Mereka pengunjung banyak dari luar daerah, terutama yang gemar memancing karena mancing di Sungai Cisimeut dengan suasana alam bebas.
Festival mancing juga untuk menjaga ekosistem ikan dan kelestarian sungai.

“Kami sangat menjaga sungai ini agar alami dan berkembang populasi ikan untuk peningkatan kebutuhan pangan masyarakat,” katanya.

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Artikel Lainnya:

    None Found