fbpx
Berita

BKPM kumpulkan ratusan “startup” dan investor dalam RIF 2019

Berita ini terbit pertama kali pada tautan ini.

Harapannya, investasi di bidang ekonomi digital dan pariwisata juga bisa naik signifikan

Tangerang Selatan (ANTARA) – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengumpulkan ratusan perusahaan teknologi rintisan (startup), investor, dan pemerintah daerah dalam Regional Investment Forum (RIF) 2019, yang digelar di Tangerang Selatan, Banten, Senin.

“RIF tahun ini diharapkan menjadi meeting point bagi para investor, pelaku bisnis startup, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga perkembangan industri ini memiliki dampak maksimal bagi investasi Indonesia,” kata Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong di Tangerang Selatan, Banten, Senin.

Tom, sapaan akrab Thomas, menuturkan tema yang diusung merupakan lanjutan dari gelaran serupa tahun-tahun sebelumnya.

“Kali ini, kita sharing (berbagi) dengan pelaku, soal perkembangan terkini. Tapi, kita juga dorong lebih kencang sinergitas antara ekonomi digital dengan pariwisata,” katanya.

Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal BKPM Farah Ratnadewi mengatakan tujuan pelaksanaan RIF adalah untuk mempromosikan peluang investasi Indonesia khususnya bidang ekonomi digital dan pariwisata.

“Kami fokus membuka jalur komunikasi antara pemerintah daerah, calon investor, dan startup di bidang tersebut. Harapannya, investasi di bidang ekonomi digital dan pariwisata juga bisa naik signifikan,” tuturnya.

RIF 2019 yang mengangkat tema Indonesia’s Digital Drive: Utilizing Digital Technology in Developing Regional dan Tourism Investment Opportunities sesuai dengan perkembangan industri digital yang signifikan dalam beberapa waktu belakangan.

Hingga 2019, jumlah startup di Indonesia mencapai 2.070 startup dengan pertumbuhan tertinggi di tiga sektor, yaitu on-demand service, teknologi finansial, dan e-commerce.

Tingginya pertumbuhan startup ini membuat BKPM akhirnya mengundang sebanyak 250 startup hadir dalam perhelatan yang juga akan mempertemukan mereka dengan para investor itu.

Dalam acara ini, digelar beberapa sesi di antaranya digital startup pitching, one-on-one meeting antara calon investor dan stakeholder terkait termasuk startup serta seminar nasional untuk membuka wawasan tentang pengaruh dan masa depan ekonomi digital di Indonesia.

BKPM mengatur 148 pertemuan yang melibatkan 64 startup dan 45 investor. Adapun kegiatan RIF dihadiri sekitar 800 peserta yang teridiri atas pemerintah pusat, pemerintah daerah, kedutaan asing, asosiasi dunia usaha maupun calon investor.

Baca juga: 250 startup dilibatkan dalam gelaran RIF 2019
Baca juga: BKPM akan himpun data investasi bagi “startup”

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Artikel Lainnya:

    None Found