fbpx
Berita

Begini Mudahnya Membersihkan Plafon Mobil

Berita ini terbit pertama kali pada tautan ini.

VIVA – Setelah memutuskan memiliki mobil, Anda juga harus menerima tanggung jawab merawat kebersihannya. Tidak hanya pada bagian eksterior, interior juga harus menerima perhatian yang sama besar.

Bicara tentang interior mobil, pernahkah Anda memerhatikan plafon? Bagian ini sering diabaikan kebersihannya. Mengingat, letaknya yang kerap luput dari pandangan.

Padahal, tanpa disadari, ketika Anda membuka kaca mobil, secara otomatis plafon terkena debu dari luar, yang akhirnya menempel dan bisa memicu penyakit.

Untuk membersihkannya, Anda bisa melakukan sendiri di rumah. Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu alat pembersihnya. Seperti air, kain halus, dan cairan pembersih kain. Seperti dilansir dari laman resmi Daihatsu, Kamis 14 Februari 2019.

Kalau perlengkapan sudah siap, langkah berikutnya adalah membasahi kain dengan air, namun jangan terlalu basah. Peras agar tidak ada air yang menetes dari kain. Jika menggunakan kain terlalu basah, dikhawatirkan plafon menjadi lembap, sehingga bisa timbulkan bau yang tak sedap.

Setelah kain basah, usapkan kain tersebut pada bagian plafon yang kotor secara perlahan, sehingga bahan plafon tidak rusak atau sobek.

Apabila ada noda membandel, Anda bisa menambahkan cairan pembersih khusus. Tuangkan cairan itu pada kain, jangan menyemprotkan secara langsung pada plafon. Usapkan kain hingga noda tersebut hilang.

Perlu diingat, ketika menggosok kain ke plafon, gosoklah secara searah. Hal ini dilakukan, demi menjaga serat plafon agar rapi dan tetap terjaga. Hindari penggunaan penyedot debu, karena daya isapnya dapat membuat serat plafon cepat kendur. (kwo)

Artikel Lainnya: