fbpx
Berita

Banyak Warga Aceh Buat Paspor untuk Pergi ke Jakarta

Berita ini terbit pertama kali pada tautan ini.

VIVA – Akibat kenaikan harga tiket pesawat dari Aceh ke Jakarta, warga Aceh ramai-ramai membuat paspor. Sebab, harga termurah rute Aceh – Jakarta harus transit terlebih dulu ke Kuala Lumpur Malaysia.

Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Banda Aceh, Muhammad Hatta membenarkan adanya lonjakan pembuatan paspor, yang dimulai sejak awal Januari 2019 lalu.

“Betul. Permohonan paspor pada Kantor Imigrasi Kelas 1 Banda Aceh dapat dikatakan terjadi kenaikan, hal ini salah satu disebabkan karena faktor keinginan dari masyarakat untuk transit di satu negara sebelum menuju ke dalam negeri yang merupakan negara tujuannya,” katanya saat dikonfirmasi wartawan, Minggu 13 Januari 2019.

Ia menilai, fenomena ini ditambah dengan lonjakan kenaikan harga tiket untuk penerbangan langsung tanpa transit, sehingga masyarakat mengajukan permohonan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi agar bisa mendapat tiket yang lebih murah. Tentunya harus transit terlebih dulu di Kuala Lumpur.

Selama Januari ini, kata dia, pihaknya sudah menerbitkan paspor sekitar lebih 200 buku. “Yang kita keluarkan mencapai 200 buku dan bisa mencapai lebih, dan ini berbeda lagi dengan layanan prioritas seperti lansia, bayi, dan orang-orang yang punya kebutuhan khusus,” imbuhnya.

“Pada saat proses wawancara petugas menanyakan rata-rata mengunjungi keluarga yang ada di Malaysia dan fenomena ini juga terjadi yang di luar perkiraan kami. Jadi masyarakat mengatakan transit di Kuala Lumpur untuk selanjutnya kembali ke Tanah Air ada yang untuk keperluan dagang, dan melanjutkan pendidikannya kembali,” kata Muhammad Hatta.

Pantauan VIVA dari situs Traveloka, harga tiket pesawat dari Aceh ke Pulau Jawa mengalami kenaikan. Misalnya keberangkatan hari Senin, 14 Januari 2019 dari Banda Aceh ke Jakarta lebih mahal dari pada harus transit via Kuala Lumpur.

Seperti maskapai Air Asia, Harga tiket Aceh–Jakarta hanya Rp 1.058.800. Namun harus transit di Kuala Lumpur selama 5 jam setelah itu dilanjutkan kembali ke Jakarta.

Sementara untuk penerbangan langsung via Batik Air, harga tiket Aceh–Jakarta mencapai Rp2.768.000. Begitupun dengan maskapai Garuda Indonesia, harga tiket Aceh–Jakarta sebesar Rp2,9 juta untuk sekali jalan tanpa transit.

Hal itulah yang membuat sebagian warga Aceh yang ingin ke Pulau Jawa lebih memilih transit di Kuala Lumpur ketimbang memilih penerbangan langsung.

Artikel Lainnya: