fbpx
Berita

88% Listrik Sudah Pulih di Daerah Terdampak Tsunami Selat Sunda

Berita ini terbit pertama kali pada tautan ini.

Jakarta – Pemulihan listrik pasca tsunami di sekitar Selat Sunda terus berlanjut. Kini PT PLN (Persero) menyebutkan telah memulihkan 88% listrik di sekitar pesisir Selat Sunda, baik di Banten maupun di Lampung.

Menurut keterangan tertulis yang diterima detikFinance, Selasa (25/12/2018), di Banten, PLN telah berhasil menghidupkan kembali 236 gardu dari 248 gardu distribusi yang padam. Lalu, 12 gardu lainnya dinyalakan dengan genset PLN.

Selain itu upaya perbaikan 50 tiang transmisi juga terus dilakukan dengan mengerahkan 199 personil gabungan yang didatangkan dari Jakarta dan Jawa Barat. Saat ini tambahan 43 genset sudah tiba di posko Tarogong untuk segera didistribusikan ke daerah-daerah yang sulit diakses.

Untuk mempercepat proses mendirikan tiang yang roboh, PLN mendatangkan 9 mobil crane dari Unit Induk Jakarta Raya dan Banten. PLN juga mengerahkan 31 pasukan mobil untuk mobilisasi.

Sementara di Lampung, dari 22 gardu yang padam, 20 gardu diantaranya sudah berhasil terpulihkan dan digunakan kembali. Targetnya, 2 gardu lainnya diselesaikan pada hari ini, PLN juga tengah memperbaiki 12 tiang baik yang roboh maupun patah akibat terjangan tsunami.

Akses jalan yang masih sulit hingga kini menjadi hambatan terbesar PLN untuk memulihkan listrik di daerah terdampak tsunami. Meski begitu PLN telah bekerja sama dengan pihak Pekerjaan Umum (PU) untuk pembersihan akses jalan yang akan dilewati.

Salah satu daerah yang terdampak cukup parah akibat terjangan tsunami serta minim bantuan yakni daerah Sumur Pandeglang Banten. Jalan menuju kecamatan tersebut sebelumnya sempat terputus karena akses jalan lama hancur terkena gelombang tsunami.

PLN berhasil menembus daerah tersebut untuk menyalurkan bantuan berupa makanan, minuman, pakaian, dan layanan kesehatan. Mereka juga akan mendirikan tenda dapur umum di Posko Labuan dan di Kecamatan Sumur.

Selain itu, PLN juga berupaya untuk menembus pulau Sebesi. Untuk hari ini PLN telah mengirimkan 6 petugas untuk menyerahkan sembako dan genset kecil 5 KVA sebanyak 2 unit. (ara/ara)

Artikel Lainnya:

    None Found