fbpx
Berita

5 Dessert Khas Natal Terpopuler, Mana Favoritmu?

Berita ini terbit pertama kali pada tautan ini.

VIVA – Berbagai persiapan sudah dilakukan, tiba saatnya untuk merayakan Natal. Dekorasi dan kado yang dibungkus dengan kertas warna-warni adalah aspek penting dalam perayaan Natal. Namun, hidangan Natal selalu menjadi yang paling ditunggu-tunggu.

Nah, hidangan yang berbeda disiapkan selama Natal di berbagai belahan dunia. Misalnya, panettone alias roti manis yang disiapkan saat Natal di sejumlah negara Eropa, termasuk Argentina. Di India, sejumlah umat kristen akan menyiapkan kue plum dengan kismis yang direndam rum di rumah mereka.

Sedangkan, sejumlah umat Kristiani Anglo-India di India akan menyiapkan kul kul, yang merupakan camilan goreng yang terbuat dari tepung semolina, susu, gula dan ghee di rumah mereka saat Natal.

Nah, berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang secara tradisional dikonsumsi saat Natal oleh masyarakat di berbagai penjuru dunia, dihimpun dari berbagai sumber.

1. Kue Plum

Meski namanya kue plum, namun kue satu ini juga sering dibuat dari berbagai campuran buah lainnya. Buah yang digunakan biasanya berupa buah kering atau manisan buah. Kacang dan rempah-rempah juga ditambahkan ke dalamnya. Tak lupa adonan kue diberi tambahan rum sebelum dipanggang.

2. Christmas Pudding

Di Inggris, Irlandia, dan sejumlah negara lain, puding Natal adalah bagian yang tak boleh terlupakan saat makan malam. Christmas pudding ini juga dikenal sebagai puding plum (meski tidak mengandung buah plum), lantaran resep pembuatannya ini mengacu pada zaman pra Victoria yang mana kala itu kismis disebut sebagai buah plum.

Puding ini terbuat dari adonan kue yang diberi tambahan kayu manis, pala, cengkih dan jahe. Digunakan pula minuman beralkohol, seperti bir brendi atau bir hitam agar tekstur kue lebih lembut.

3. Ginggerbread

Jahe adalah bumbu penghangat yang digunakan untuk membuat sejumlah hidangan dan minuman saat Natal, termasuk kue gingerbread cookies, rumah kue jahe dan lain-lainnya. Umumnya sajian ini banyak disajikan di Inggris dan Irlandia, dan sering digunakan sebagai makanan penutup di hari Natal.

4. Candy canes

Permen berbentuk tongkat berwarna merah dan putih ini merupakan hiasan yang paling banyak digunakan dalam dekorasi Natal. Tidak hanya itu, permen ini juga sering digunakan untuk menghias kue Natal dan bahkan digantung di pohon Natal.

5. Yule Log Cake

Dessert ini sering disiapkan saat Natal, terutama di Belgia, Prancis, Swiss dan Inggris. Pada dasarnya, ini adalah kue bolu cokelat yang sengaja dibuat dan dibentuk menyerupai batang kayu yang sedang dibakar di perapian. Itu karena banyak orang di dunia yang merayakan Natal pada saat musim dingin dan mereka selalu membakar kayu di perapian untuk menghangatkan rumah saat Natal.

Artikel Lainnya:

    None Found